Sunday, January 27, 2019

Sheet Metal dan Cara Pembuatanannya






Sheet metal adalah material berupa logam yang berbentuk lembaran yang relatif cukup tipis. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak dijumpai, baik di banyak tempat tinggal bahkan di kendaraan atau transportasi umum, contohnya angkot dengan pemakaian sheet metal pada bagian "lantai" angkot kebanyakan. Sheet Metal merupakan jenis material dalam industri pemrosesan metal (metal working).



Jenis Logam Sheet metal ada beragam, misalnya dari bahan baja dan besi, alumunium serta stainless steel. Adapun keberagaman ukuran pada masing - masing jenis Sheet Metal, misalnya
  • Bahan baja dan besi memiliki ketebalan 1 mm - 20 mm
  • Bahan alumunium memiliki ketebalan 1mm - 4 mm
  • Stainless steel dengan ketebalan 1mm - 12 mm

 Proses Pembuatan

Untuk proses pembuatan Sheet Metal, dapat disimak sebagai berikut,
  1. Buat terlebih dahulu motifnya, lalu metal lembaran dipotong dengan bantuan alat pemotong laser (sinar laser), ditekuk dan dibentuk mengikuti pola yang di inginkan. Umumnya pemotongan ini dikerjakan di pabrik. Jadi, anda tinggal memberikan contoh motif dan pola kepada pihak pabrik.
  2. Buat juga rangka untuk menempelkan motif material Sheet Metal. Rangka dapat dibuat dari bahan alumunium, baja ringan, atau besi hollow. Sebaiknya, pilih besi hollow karena harganya yang lebih murah.
  3. Selanjutnya, "tempelkan" motif sheet metal kebidang dinding beton (yang telah ditentukan dalam desain) menggunakan Dynabolt (mur dan baut).
  4. Untuk finishing akhir, anda dapat menggunakan cat minyak atau cat logam/besi (pilih warna sesuai dengan keinginan atau konsep design yang kalian rancang).



Semoga artikel berjudul Sheet Metal dan Cara Pembuatanannya ini bermanfaat bagi para pembaca dan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada beberapa sumber : google.com (Image) dan Buku 55 ide dan konsep Desain Arsitektural Unik plus Material dan Pembuatannya karya Aditya, ST. Jangan lupa untuk mengisi kolom komentar baik dengan saran maupun kritik demi kelancaran dan membangun blog ini menjadi lebih baik lagi.  

No comments:

Post a Comment