Saturday, January 26, 2019

Konsep Material dan Pembuatan Struktur Konstruksi Lingkaran

Tak dipungkiri bahwa Konsep Material dan Pembuatan Struktur Konstruksi Lingkaran banyak di cari dikalangan perancang masa kini, karena perkembangan dari konsep yang pernah tersohor dari seorang arsitek ternama Le Corbutser dengan Konsep Kubisme, membuat banyak perancang ingin mengembangkan dan melihat kearah futuristik, dimana design parametrik sistem yang lebih menyesuaikan dengan kondisi alam sekarang maupun dimasa depan.

Dan disini, saya hanya membagikan Konsep Material dan Pembuatan Struktur Konstruksi Lingkaran sederhana, dimana sebagai contoh penjabaran awal yang di terapkan pada beberapa gazebo dan bangunan minimalis modern. Penjabaran ini saya kolaborasikan dengan konsep yang dikembangkan oleh Aditya, ST pada bukunya yang berjudul 55 ide & konsep Desain Arsitektural Unik Plus material dan Pembuatannya.



Untuk material dan Pembuatan Struktur Konstruksi Lingkaran :

  • Atap
Atap bangunan berbentuk kerucut dengan ketinggian kerucut yang cukup landai sehingga atap bisa saja atap terlihat datar. Atap menggunakan material berupa polikarbonat maupun kain terpal, hal ini disebabkan massa dari bahan tersebut yang tergolong ringan sehingga beban strukturpun tidak terlalu besar.

  • Plafon 
Lingkaran pada plafon atap menggunakan material gipsum. Dapat juga menggunakan material berupa fiber semen yang relatif lebih tahan terhadap cuaca dan keadaan lembab. Plafon yang terletak pada teras rentan terhadap serangan hujan dan panas juga dapat menggunakan material fiber semen.

  • Dinding
Lingkaran - lingkaran pada dinding bersifat semi terbuka (bolong/tidak tertutup). Lingkaran ini dapat dibuat dari material rotan yang berbentuk secara melingkar atau menggunakan pagar dengan besi hollo.

  •  Kolom
Lingkaran kolom - kolom (yang berbentuk silinder) terbuat dari beton bertulang yang diberi car finish dinding eksterior warna putih) atau disesuaikan dengan konsep yang kalian gunakan. Untuk diameter kolom - kolom bangunan ini sekitar 15 cm. atau tiang lingkaran dengan diameter 15 cm.

  •  Lantai
Lingkaran pada lantai area luar dan lantai area dalam bangunan terbuat dari beton dicat dengan cat finish dinding eksterior warna putih. atau bila disesuaikan dengan gambar diatas, lantai bisa menggunakan beton tumbuk ataupun dengan rumput sintetis / alami.

No comments:

Post a Comment