Monday, January 28, 2019

Alternatif dinding bermotif selain menggunakan Wallpaper


Wallpaper merupakan sebuah solusi bagi seorang penghuni yang menginginkan sebuah kesan, tekstus, dan tampilan yang kurang monoton akibat dinding yang di cat polos. Dengan hadirnya wallpaper sebagai media untuk mengekspresikan warna, design, dan suasana baru, maka penghuni akan merasa lebih hidup, tergantung dengan wallpaper yang digunakan. Namun, apakah hanya wallpaper solusi satu - satunya dalam menghias dinding yang polos ?

Ternyata dengan semakin banyaknya alternatif bahan material yang dikembangkan oleh banyak para peneliti, telah hadir pula solusi baru tentang bagaimana mengekspresikan, memperindah, mempercantik, dalam design sebuah ruang. berikut adalah 2 Alternatif dinding bermotif selain menggunakan Wallpaper,

1. Digital  Printing


Anda dapat membuat desain motif apapun, sesuai dengan konsep yang telah direncanakan atau disesuaikan dengan keinginan penghuni dengan bantuan Komputer. Anda juga dapat membuat sketsa secara manual, yang dapat anda scan untuk pemberian warna secara digital. Selanjutnya dapat anda cetak dengan bantuan teknologi digital printing.

Bahan digital printing yang digunakan adalah bahan stiker dengan mutu dan kualitas  yang baik demi mendapatkan hasil yang optimal. Bahan stiker ini dapat langsung direkatkan ke bidang dinding.

Bahan stiker sebaiknya juga diberikan finishing berupa pelapis laminating yang berfungsi melindungi permukaannya dari kotoran, baik debu, noda, dan lainnya. Serta supaya mudah dibersihkan. Laminating yang dipakai dapat berjenis dof (tidak glossy/ tidak mengkilap.

Untuk proses pembuatannya, anda cukup mendesign sketsa maupun langsung digital, dan bisa anda serahkan kepada beberapa toko digital printing. Untuk harga relatif sesuai dengan kondisi tempat, waktu, dan kualitas, dengan rentan 10 - 50 ribu per m2.

2. HPL (High Pressure Laminate)


HPL (High Pressure Laminate) adalah material yang terbuat dari susunan partikel serbuk kayu yang di-press (ditekan) dengan tekanan berkisar 100kg/cm yang kemudian diproduksi ke dalam bentuk lembaran. HPL berlapis melamine resin dan phenolic resin. Dengan kata lain, HPL terbuat dari kertas sejenis plastik khusus berkualitas tinggi yang dilapisi melamin untuk menjadi bentuk dan kekuatannya.

HPL biasanya digunakan untuk melapisi pintu, dinding, kitchen set, lemari pakaian, meja kerja, penutup furniture dan lainnya. Umumnya HPL berukuran 1,2m x 2,4m. Ketebalannya berkisar 0,8mm hingga 1,6 mm. HPL memiliki beragam pilihan motif, mulai dari motif geomteris, floral, abstrak, polkadot hingga batik.

Anda juga dapat membuat pola sendiri pada HPL sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Ini dapat diterapkan untuk HPL jenis Custom Laminate dengan teknik modifikasi berupa digitital Printing.

HPL Terdiri dari 2 Tipe

1. Tipe PostForm

Banyak dipakai untuk aplikasi sudut bidang yang berlekuk atau tidak bersudut tajam.

2. Tipe non PostFrom

Bnyak dipakai untuk aplikasi bidang datar.

Keunggulan HPL
  • Kuat
  • Stabil
  • Fleksibel
  • Tahan Goresan
  • Indah
  • Tahan Air
  • Tahan Panas
  • Tahan terhadap jamur maupun kotoran
  • Tahan terhadap bahan kimia
  • Efisien dan relatif cepat dalam pemasangannya
  • Praktis dan mudah di aplikasikan
  • Memiliki beragam motif maupun warna bahkan motif yang dapat dipesan secara khusus
  • Warna dapat bertahan lama
  • Ramah lingkungan
  • Tidak mudah terkelupas karena proses pembuatannya dipres dengan mesin bertekanan dan bertemperatur tinggi
  • Perawatan mudah, cukup diberihkan menggunakan lap agak basah maupun lap kering.

Pemasangan HPL
  1.  Untuk pemasangan Wallpaper maupun HPL dapat langsung dilakukan pada dinding bangunan dengan cara drekatkan dengan lem khusus. Sedangkan digital printing berupa bahan stiker dapat langsung ditempelkan tanpa menggunakan tambahan lem lagi.
  2. Untuk mendapatkan hasil yang baik, sebaiknya anda membuat bidang rangka sebagai tempat untuk "menempelkan" wallpaper, digital printing atau HPL. Dengan demikian, bila dinding mengalami kelembaban akibat retak atau bocor, maka tidak langsung merusak wallpaper, digital printing, dan juga HPL. Aplikasi teknik tersebut akan lebih awet, rata, dan rapi.
  3. Rangka dapat dibuat dari kayu (kayu kaso jenis borneo), alumunium, baja ringan, maupun material berupa besi hollow. Besi Hollow dapat dipilih dengan pertimbangan harga yang lebih ekonomis. Untuk rangka dapat dipakai besi hollow berukuran 4cm x 4cm.
  4. Setelah rangka besi hollow dibuat, rangka tersebut dapat dipasang ke bidang dinding beton dengan dynabolt (mur dan baut). Rangka berjarak sekitar 5 cm dari bidang dinding. Selanjutnya dipasang penutup rangka dari bahan kayu lapis (Plywood) berupa triplek atau multiplek dengan cara di sekrup. Selanjutnya tinggal dipasang wallpaper atau HPL dengan memakai perekat khusus yang kuat. Bila menggunakan digital printing bahan striker, dapat langsung dipasang tanpa menggunakan lem lagi.
 Semoga artikel berjudul Alternatif dinding bermotif selain menggunakan Wallpaper ini bermanfaat bagi para pembaca dan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada beberapa sumber : google.com (Image) dan Buku 55 ide dan konsep Desain Arsitektural Unik plus Material dan Pembuatannya karya Aditya, ST. Jangan lupa untuk mengisi kolom komentar baik dengan saran maupun kritik demi kelancaran dan membangun blog ini menjadi lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment